Kena HNP…

Kecetit………….. mungkin ada yang pernah mengalami hal ini.  Kecetit akan menyebabkan rasa sakit pada punggung kita. Penyebabnya berbagai macam, antara lain mengangkat beban berat atau gerakan yang tiba-tiba sehingga mengakibatkan kontraksi pada otot dipunggung.

Saya pernah mengalam kecetit pada tahun 2006 saat masih dinas di kebun Penataran – Blitar.  Saat itu pinggang terasa sakit kalau dibuat duduk atau membungkuk.  Setelah mendapatkan pijatan beberapa kali ternyata rasa sakit itu bisa mereda.

Pada bulan Mei tahun 2009, saya merasakan rasa nyeri ditelapak kaki kalau digunakan berjalan atau jinjit. Rasa sakit itu tidak terjadi kalau kaki tidak digunakan untuk berjalan.  Saya pikir ini karena kadar asam urat yang naik. Setelah tes darah ternyata asam urat 7,4 sehingga oleh dokter diberi obat penurun asam urat.  Setelah 1 bulan rasa nyeri itu tidak kunjung berkurang, sedangkan hasil tes darah ulang  menunjukkan kadar asam urat 5,3.

Saya tidak terlalu memperhatikan rasa nyeri tersebut, sampai akhirnya pada bulan Agustus kaki saya kalau digunakan untuk lari sudah tidak mampu. Untuk naik dan turun tangga telapak kaki terasa nyeri sekali.  Semakin mendapat tekanan, telapak kaki semakin nyeri. Akhirnya saya tidak bisa berolahraga tenis untuk sementara waktu.

Pada bulan September pemeriksaan oleh dokter ahli syaraf didiagnosa menderita tendinitis karena ada otot yang tertarik.  Saya juga mengatakan kalau lutut kedua kaki ngilu, sehingga lutut bagian bawah pada kedua kaki disuntik untuk mengurangi rasa sakit tersebut.  Pada saat disuntik rasanya sangat sakit, terasa sekali pada saat obat itu disuntikkan. Setelah disuntik terasa bebal di bekas suntikan. Kata dokter itu adalah efek sementara dari obat yang disuntikkan dan akan hilang sendiri. Selain itu disarankan untuk fisioterapi dengan penyinaran, setrum dan traksi sebanyak 8 kali.

Setelah fisioterapi dan traksi selama 7 kali, rasa nyeri tidak kunjung berkurang, maka saya dirujuk untuk foto MRI (Magnetic Resonance Imaging).  Foto MRI pada tanggal 26 Oktober 2009 di sebuah Laboratorium MRI Surabaya.  Foto pada bagian cervical dan lumbosacral dengan ongkos sebesar Rp. 3,5 juta untuk 10 foto.  Proses foto membutuhkan waktu +/- 1,5 jam, lumayan menyiksa dengan kondisi ruangan ber AC yang sangat dingin dan tidak boleh banyak bergerak. Ini hasil sebagian foto MRI saya…………

l5-s1_resize

Dari hasil analisa foto menurut dokter spesialis bedah syaraf ternyata ada HNP di L5-S1, walaupun tidak terlalu parah, tetapi  disarankan untuk operasi.  Kaget juga dengar kata harus operasi, apalagi di tulang belakang……….. Saya pun minta waktu untuk memberikan jawaban atas rekomendasi itu.

Kemudian saya search di internet, ternyata HNP adalah Hernia Nucleus Polposus atau ada salah satu syaraf di tulang belakang yang terjepit akibat terdorong oleh cairan tulang rawan antar tulang belakang yang keluar.  Ternyata rata-rata penyembuhan HNP dengan operasi di tulang belakang. Memang ada juga info pengobatan alternatif dibeberapa tempat yang menawarkan penyembuhan HNP tanpa operasi.

Kemudian saya berkonsultasi dengan dokter perusahaan dan meminta waktu mencoba pengobatan alternatif sebelum memutuskan untuk menjalani operasi.  Mudah-mudahan ada jalan kesembuhan lain dari Allah swt tanpa melalui operasi…….. Amiin……..

TERNYATA KECETIT BUKAN MASALAH SEPELE………..

Kirim ke Facebook

Related posts:

  1. Pasca Operasi (1)…
  2. Pasca Operasi (2)…
  3. Akhirnya Jadi Dioperasi Juga…
  4. Ternyata Terkena Osteoporosis Juga…
  5. Menghilangkan Tanda Bajakan di Windows 7…

Comments

Kena HNP… — 26 Comments

  1. @fauzi : waduh maaf saya tidak bisa kasih saran karena tidak berkompeten untuk itu. Saya saat ini sudah mulai ringan sakitnya tanpa operasi, karena 2nd opinion dokter, hanya masalah tendinitis di kaki. Alhamdulillah …..

    [Reply]

  2. Saya juga pernah kena HNP dan divonis dokter hrs operasi…Alhamdulillah sembuh dengan terapi alternatif.. walaupun cuma 90% sembuhnya

    [Reply]

    bambang Reply:

    mohon info terapinya di klinik mana?

    [Reply]

    Asep Rahmat Reply:

    saya sudah 4 bulan divonis HNP oleh dokter saraf skrang masih rawat jalan tapi sepertinya ga ada perkembangan mohon saran skrang agak berkurang sy coba dengan rutin olahraga yoga saran dokter-y..tapi sy konsul ke dokter yang lain katanya yoga ga boleh jd bingung juga neh

    [Reply]

  3. Sy penderita hnp yang berdasarkan hasil MRI terkena di L4-L5, namun dari keluhan yang saya rasakan, juga terindikasi pada S1. Saya menjalani pengobatan secara medis maupun alternatif. Saya menghindari opname dan operasi, sehingga saya hanya memilih terapi di bagian rehabilitasi medis selama 3 bulan. Sekarang saya hanya melakukan pengobatan alternatif (pijat syaraf)
    Karena tulang belakang saya yg rusak akibat terjatuh tak dapat lagi disembuhkan, saya diwajibkan untuk menguruskan badan dan membatasi beberapa aktivitas, saya juga harus selalu mengenakan korset tuk menyangga dan menyangga tulang belakang. Sedih memang, namun alhamdulillah dengan kondisi ini, saya masih bisa tetap bekerja.

    [Reply]

  4. @ahd : saya mulai desember-pebruari 2010 terapi di dokter di Malang. Alhamdulillah dah bisa jalan walaupun masih ada nyeri di jari kaki.
    Kadang-kadang masih sakit seperti otot yang ketarik………..
    Tks sudah berkunjung ke blog saya

    [Reply]

  5. mas, sya mau nanya… dmn sya bs mlakukan pngobatan alternatif/terapi di kota Malang… saya diagnosis dokter menderita HNP… mhon dibalas ya mas… thx…

    [Reply]

  6. Bagi rekan rekan yg membaca tulisan saya , perlu saya beritahukan bahwa kakak perempuan saya ( umur 51 th ) menderita HNP di tulang leher belakang dimana antar tulang saling menjepit , kemudian kami dapat informasi di surabaya ada ahlinya Prof hafid dan dr eko agus , singkat cerita kakak saya ditangani oleh dr eko agus ( beliau lulusan sub spesialis syaraf / hnp dari turki ) , akhirnya hnp kakak saya di operasi ( tgl 20/10/2010 )oleh dr eko di RS sekitar darmo satelit surabaya ( boleh nggak ya disebut nama rs nya _ nti dikira promosi ) sekitar 4 Jam , dan alhamdulillah skrg dlm masa pemulihan. semoga informasi ini bermanfaat bagi yg membutuhkan

    Kata bijak : hidup hanya sekali , buatlah hidup ini berarti bagi orang lain sekecil apapun

    [Reply]

    masluki Reply:

    Saya juga pernah konsul ke Prof Havid Bajamal di Sby. Beliau menyarankan tidak perlu operasi, hanya pengobatan dan terapi olahraga renang. Terima kasih tambahan infonya.

    [Reply]

  7. saya juga penderita saraf kejepit lebih dari 4 tahun,memang sangat menyiksa dan membatasi aktivitas saya, saya menjalani pengobatan dg proses injeksi yang diberikan dokter saya, namun hanya bertahan beberapa bulan saja nyeri itu kembalai lagi,setelah beberapa kali di suntik saya melanjutkan di rawat di rs,fisioterpy dll, namun sampai sekarang sakit tsb masih menggangu saya, saya mengalami sakit pada pinggang kiri sampai ke kaki kiri, mohon saran nya trimakasih

    [Reply]

  8. saya punya beberapa teman yang HNP ada yang terkena di leher ada pula yang ditulang belakang. Teman yang terkena HNP ditulang belakang memutuskan melakukan operasi dan alhamdulillah sekarang sembuh. Sedangkan yang terkena HNP di bagian leher tidak berani melakukan operasi karena resikonya operasi HNP dileher besar sekali yakni bisa lumpuh atau meninggal.

    [Reply]

  9. mohon infonya untuk dokter ahli HNP yg di surabaya. trims

    [Reply]

    KE Reply:

    ke SINGAPORE AJA DI SINGAPORE GENERAL HOSPITAL. PROF CHAMPON CHAN, PROF JHON THOMAS, lebih bagus disingapore kalau bedah saraf di ASIA tenggara, kalau ndak ke Jepang

    [Reply]

    Septi Reply:

    Dear All,

    Hanya ingin mengupdate saja bahwa saat ini Prof. John Thomas praktek di Mount Elizabeth Novena Hospital. Kalau mau ke SGH untuk permasalahan HNP, bisa berkonsultasi dengan Prof. Tan Seang Beng atau Dr. Guo Chang Ming.

    Atau bisa juga ke Changi General Hospital, bertemu dengan Dr. Lee Haw Chou. Dokternya bagus, untuk tindakan pun rata2 disana juga lebih murah plus pelayanannya top.

    Kalau teman2 membuthkan lebih banyak informasi mengenai dokter yang saya sebutkan tadi, dapat menghubungi kami di 021 – 3410 1000 atau email ke jakarta@singmedic.com.

    Terima kasih,

    Septi

    [Reply]

  10. Pingback: Akhirnya Jadi Dioperasi Juga… | blog pekebun….

  11. gua juga kena hnp di pinggang dan di leher juga kayaknya kena,soalnya suka sakit dsn pegel
    tolong info domg yg pernah oprrasi hnp di pinggang dan leher yg bagus dimana?tolong bantu ya usia saya masih 22 thm

    [Reply]

    Piyek Tir Tur Reply:

    aku operasi di semarang. di RS Telogorejo. Coba aja kesana.

    [Reply]

  12. saya pernah operasi HNP ssat umur saya 18 th sekarang umur saya 19th. sudah 1th yang lalu saya dioperasi. Waktu itu saya merasa takut saat akan dioperasi saya menangis tiap malam. berfikir kalau anak se usia saya harus operasi. walau sekarang saya sembuh tapi kenapa kadang” kaki kanan saya kadang otot’nya berkontraksi.

    [Reply]

  13. coba ke jl. swadaya raya no.93. rt 08/01. kel.jati cempaka. kec. pondok gede bekasi dg pak fahmi 021 86600760,93589727
    keluarga saya lhamdulillah sembuh dengan 5 kali kunjungan

    [Reply]

  14. Yang terkena HNP, coba hubungi Sanctuary Mind surabaya… disitu hanya diajari cara2 senam, gk pake obat, gak pake operasi… senam lantai dsb, selama tiga bulan… insya Allah berhasil. paling tidak akan berkurang… jika belum sembuh, maka ada terapi lanjutan dari terapoi fdasar awal selama tiga bulan tsb…. biayanya muuuraaah banget,, 200.000 saja… kalau belum naik…. http://www.terapinyeri.com/2010_09_01_archive.html

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv Enabled