Akhirnya Jadi Dioperasi Juga…

Melihat perkembangan sakit saya yang tidak juga membaik, dokter perusahaan  menyuruh  saya supaya konsul ke dokter TR, SpB-OT di Malang.  Setelah 2 kali konsul akhirnya dokter menyarankan supaya saya foto MRI yang ke-3 kalinya.  Dokter meminta supaya foto MRI di RS MK Surabaya dengan dokter radiologi dr. PR.

Tanggal 31 Agustus 2012 pagi saya foto MRI, langsung malam harinya saya tunjukkan fotonya ke dr.TR.  Kesimpulan hasil foto MRI adalah :

1.  L4-5 : Bulging disk + slight bilateral facet joint hypertrophy, menyebabkan slight bilateral foraminal canal stenosis.

2.  L5-S1 : Bulging disk  dengan inner annular tear posteromedian + slight bilateral facet joint hypertrophy, menyebabkan slight bilateral foraminal canal stenosis.

“Anda harus dioperasi untuk membebaskan tekanan di syaraf pada L4-5 dan L5S1” kata dr. TR dengan mantapnya. “Saya siap, tapi akan lapor ke dokter perusahaan dulu dok” jawab saya. Setelah 3 tahun berteman dengan rasa nyeri di kaki, akhirnya jadi dioperasi juga tulang belakang saya.

Setelah dokter perusahaan menyetujui adanya tindakan operasi, sayapun menyampaikan ke dokter TR kalau bisa operasi dilaksanakan tanggal 6 September 2012.  Dokterpun setuju operasi pada tanggal tersebut.  Sisa waktu selama 3 hari saya pergunakan untuk mengatur pekerjaan di kebun sebelum saya tinggal cukup lama.

Hari Rabu tanggal 5 September 2012 saya masuk RS Lavalette di Malang.  Malam hari jam 24.00 harus sudah mulai puasa.  Pagi harinya saya tanya ke perawat tentang pelaksanaan urus-urus untuk pembersihan usus sebelum puasa.  Menurut perawat operasi ini tidak perlu pembersihan usus.

Jam 10.50 akhirnya saya dikirim ke ruang operasi.  Setelah menunggu 10 menit ternyata ada kabar kalau dokter yang akan mengoperasi masih ada keperluan di lain tempat.  Rencana operasi diundur menjadi jam 15.30.  Saya kemudian dikembalikan ke ruang perawatan.  Kayak jadwal pesawat terbang saja, operasi ternyata  bisa di delay…

Jam 15.15 saya kembali dimasukkan ke ruang operasi.  Ruang operasi yang dindingnya keramik warna biru ternyata sangat dingin.  Setelah bincang-bincang dengan dokter anastesi, kemudian seorang perawat menyuntik lengan saya.  Sesudah itu saya tidak merasakan apa apa.  Seperti orang tidur gitu lah.

Ini foto saat punggung saya dibelah dokter.  Kebetulan saat operasi salah seorang keluarga dipersilahkan melihat sebentar.

Saat tersadar ternyata di sebelah sudah ada istri saya.  “Operasinya apa sudah selesai…?” tanya saya.  “Sudah… ini pertanyaan dan jawaban yang sama ke-5 kalinya” jawab istri saya.  Ternyata operasi sudah selesai jam 18.30 dan saya mulai sadar jam 19.00.  Karena masih ada pengaruh obat bius, saya sering bertanya kemudian tertidur lagi.

Jam 20 an saya kemudian dibawa ke ruang radiologi untuk dilakukan foto rontgen.  Setelah proses foto rontgen saya dikirim kembali ke ruang perawatan.

Operasi yang dilakukan adalah laminectomi foraminal canal stenosis.  Bahasa awamnya dilakukan pelonggaran di tulang belakang tempat keluarnya saraf.  Panjang sayatan operasi 21 cm vertikal sepanjang punggung.  Untuk stabilisasi dipasang pen pada L3-4-5 dan S1.  Jadinya tulang belakang saya ada 2 lempeng dan 8 sekrup yang terbuat dari titanium.  Kata dokter pen ini tidak perlu dibongkar, jadi akan dipasang seterusnya.

Kalau badan saya dijual dengan ditimbang seperti besi tua, tentu harganya akan jadi lebih mahal karena ada titaniumnya….

 

Kirim ke Facebook

Related posts:

  1. Jadi Juga Menikmati Stem Cell…
  2. Ternyata Terkena Osteoporosis Juga…
  3. Kena HNP…
  4. Pasca Operasi (1)…
  5. Berkenalan dengan Stem Cell…

Comments

Akhirnya Jadi Dioperasi Juga… — 32 Comments

  1. subhanallah…
    sy sampe nyeri perut lihat foto bpk dioperasi

    trimakasih pak udah share
    trimakasih atas semangatnya…

    smoga sy gha mengikuti jejak bpk (dioperasi.red)
    cepat sembuh ya pak
    n bisa melakukan aktivitas seperti biasanya
    salam buat istri bpk…

    [Reply]

  2. @nia : Terima kasih telah berkunjung ke blog saya. Mudah mudahan semua info dari anda dan saya tentang HNP bisa bermanfaat bagi penderita HNP lainnya…

    [Reply]

  3. Ya allah pak’. . . .
    Ngrihnya pak,berinding ªQ????? lihatnya pak.
    ªQ????? juga HNP pak tepatnya di L45 pak.
    †ª?Î ªQ????? takut sekali di operasi pak.
    ªQ????? takut efeknya ke depan.umurku masih 24 thun
    Pak,mmng slma ini ketakutanku ????? mmbuat kondisi
    Ku makin lemah,??????? tau pak apa ????? harus kulakukan
    ªQ????? terpuruk sekli pak. . .dmn ????????? kulitas hidupku sdh
    Smkin berkurang. . .
    Mohon pencerahannya pak. .
    ????????? ke2 kakiku N pahaku da klhtn mngecil pak. . .

    [Reply]

  4. Ya allah pak’. . . .
    Ngrihnya pak,berinding ªQ????? lihatnya pak.
    ªQ????? juga HNP pak tepatnya di L45 pak.
    †ª?Î ªQ????? takut sekali di operasi pak.
    ªQ????? takut efeknya ke depan.umurku masih 24 thun
    Pak,mmng slma ini ketakutanku ????? mmbuat kondisi
    Ku makin lemah,??????? tau pak apa ????? harus kulakukan
    ªQ????? terpuruk sekli pak. . .dmn ????????? kulitas hidupku sdh
    Smkin berkurang. . .
    Mohon pencerahannya pak. .
    ????????? ke2 kakiku N pahaku da klhtn mngecil pak. . .

    [Reply]

  5. @monang : penderita HNP perlu dioperasi atau tidak tergantung grade keparahannya. Konsultasikan saja ke dokter bedah saraf atau bedah tulang. Dari foto MRI akan diketahui apakah perlu dioperasi atau tidak. Dunia kedokteran saat ini sudah maju, sehingga resiko operasi bisa diminimalkan.
    Semangat untuk sembuh dari sakit harus ada di dalam diri penderita. Saya sudah 3 tahun menderita dan mencoba berbagai cara untuk sembuh. Rupanya Allah swt sudah menggariskan bawah saya harus menjalani operasi.
    Tetap semangat, semoga lekaas sembuh…

    @andri : syukur alhamdulillah anda bisa sembuh tanpa harus operasi. Memang saya sdh berupaya dengan berbagai macam pengobatan, tetapi masih tetep bandel juga kejepitnya. Akhirnya operasi deh…

    [Reply]

  6. Selamat pagi pak Masluki, thanks atas share pengalamannya. Istri saya saat ini memiliki keluhan yang sama dan dianjurkan untuk operasi (Bulging lumbal 4-5). Untuk operasi ia tidak takut, tapi ya itu yg ditakutkan adalah setelah operasinya, takut tdk bisa sekuat, sesabar dan setabah bapak…………oh ya, bagaimana kondisi bapak sekarang, apakah keluhan sudah benar2 hilang? ataukah harus berapa lama lagi waktu pemulihannya?
    Maaf pak kalau ada kata2 saya yg kurang pas, kurang berkenan…..mohon pencerahan dari bapak, maklum sekarang keluarga kami lagi bingung, takut dsbgnya memikirkan rencana operasi tsb, ada keinginan untuk cari pengobatan alternatif, tp kami tdk pernah ada keyakinan untuk pengob atan non medis spt itu….mhn dibalas ya pak apa yg kami tulis ini, terima kasih….

    [Reply]

  7. @Idrus : Keluhan sakit nyeri di pinggang dan kaki saya hilang setelah operasi. Hanya saja karena sebelum operasi juga ada masalah otot spasme di paha kanan, maka penyembuhan tersebut cukup lama. Teman yang bebarengan operasi dengan saya, lebih dahulu seminggu operasi dibanding saya, pada hari ke 50 sudah bisa jalan normal. Sedangkan saya sampai hari ke 90 masih berjalan dengan bantuan kruk. Kalau sebelumnya saya berjalan dibantu walker, kakinya jadi 6, sejak tgl 22 Nop 12 saya jalannya pakai bantuan kruk. Anggap saja kakinya turun jadi 4. Insya Allah awal tahun 2013 sudah bisa jalan normal dengan 2 kaki. Sejak pakai kruk saya juga sudah bisa naik sepeda motor sendiri. Kalau naik sepeda motor kaki yang kedua lainnya diikat di jok motor.
    Memang operasi atau tidak tergantung tingkat keparahan penyakitnya. Teman saya ternyata dengan berenang sudah bisa sembuh tanpa operasi. Sedangkan saya walaupun berenang ternyata harus menjalani operasi juga.
    Semoga nyonya anda segera diberikan kesembuhan oleh Allah SWT…

    [Reply]

    Alissa Reply:

    Selamat buat bapak Masluki yg sdh memberanikan diri u/ operasi. Saya akhirnya memutuskan operasi jg di usia 30, tepatnya 3 thn yg lalu. Saya merasakan sakit selama 9 bln, semua pengobatan alternatif sdh dicoba, fisioterapi, chiropractic, sampe pijit sama orang buta, he hee… Tapi sembuhnya sementara. Kualitas hidup saya menurun. Apalagi saat itu baru punya baby. Dan dua dokter di RSPI Jakarta jg sdh menyarankan operasi. Alhamdulillah semua berjalan lancar, operasi dgn pemasangan pen di L4-5. Alhmdulillah setelah operasi hingga 3 thn skr rasa sakit benar2 hilang. Saya bisa beraktifitas normal. Hanya saja sesekali kaki kiri yg dulu diserang masih suka kram. Dan syaraf2 kaki kiri msh agak lemah. Yg pasti saya sdh tidak bisa berlari kencang. Kalau olahraga paling hanya berlari kecil.
    Jadi, saran saya bagi yg sdh tidak sanggup merasakan sakit, tdk ada salahnya mencoba operasi. Dan operasi jaman skr pun jg sdh makin canggih. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

    [Reply]

  8. mba alisa

    saya juga ingin sekali dioprasi saya sakit pada pinggang dan leher,sangat menderita baik fisik maupun mental usia bsru 22 thn
    apa metode oprasi yg mba alisa lakukan?brrapa biayanya mba!

    [Reply]

  9. Trimakasih pak share pengalamannya, kl boleh tahu berapa biaya operasi di rumah sakit tersebut, karena suami saya juga mengalami hal yang sama dan harus operasi. Trimaksih.

    [Reply]

  10. @Theresia : Saya tidak tahu berapa biaya operasi saya, karena ditanggung perusahaan. Biaya operasi tergantung dari tipe RS dan kelas kamar yang kita tempati. Selain itu juga apa diperlukan peralatan tambahan (misal plat srew/pen).
    Sekedar info ada teman yang operasi seperti saya pada tahun 2011 di Surabaya biaya sebesar 90 jt an untuk kelas II.
    Lebih baik ditanyakan saja langsung ke dokter yang akan menanganinya…

    [Reply]

  11. Yth. Mas Luki
    Saya mau tanya, kebetulan saya dah 3 tahun ini merasakan sakit di bagian pantat kanan agak bagian atas. Awalnya saya naik kereta api, tidur pulas dalam posisi duduk. Paginya waktu berdiri agak condong ke belakang (Jawa: ndegek), terasa ada yg sakit di pantat saya. Saya pikir itu hanya keseleo/kecethit. Hal ini saya biarkan, berharap akan hilang sendiri. Tetapi setiap tidur tengkurap, badan saya dongakkan, di situ masih terasa sakit. Dan belakangan ini, untuk sujud dan rukuk waktu sholat terasa sangat nyeri. Kadang tidur telentang, juga terasa sakit.
    Mohon saran, apakah ini salah satu katagori syaraf kejepit ? saya tinggal di malang, kerja di jakarta, apakah ada info RS di Malang yang ada fasilitas MRI? Terima kasih.

    Suwito di Malang

    [Reply]

  12. Trima kasih informasi HNP nya,

    Mungkin akibat saya kecetit menaikkan kebantal anak sy yg lagi tidur malam hari, sy sekarang terkena HNP berdasarkan foto MRI, saat ini sy sering konsultasi ke dokter syarat berpindah2 namun dari dokter syarat, DD, YK Hn dan IR sebaiknya kalau dilihat phisiknya perawatan dulu. Terapi yg saya lakukan dengan pemanansan, traksi dan obat namun kata dokter fisioterapi harus operasi.

    Kalau sy lihat proses operasi bapak yg penuh perjuangan, maka berdasarkan pengalaman bapak apakah HNP bisa disembuhkan dengan terapi tanpa operasi.

    Suwun

    [Reply]

  13. @Suwito : Saya pernah tahu ada pasien yang bawa MRI dari RS Panti Nirmala Malang.

    @Harmani : HNP bisa disembuhkan atau tidak tanpa operasi tergantung dari tingkat keparahannya dan daya tahan nyeri penderita. Saya mempunyai teman 3, yang 2 wanita dan 1 laki laki yang bersamaan dengan saya menderita sakit pinggang. Ternyata yang 2 menjalani operasi sedangkan yang 1 wanita tidak perlu operasi dengan terapi renang. Hanya saja yang tidak perlu operasi kadang kadang masih ada rasa sakit di pinggangnya.

    [Reply]

  14. asskum..tgl 02maret2013 kemarin sy operasi Hnp l4+l5 di Rs Lavalette Malang,tgl 09maret2013 dibolehkan pulang. Saya udah kontrol 3x,pertanyaan saya kenapa sampai sekarang sakit didalam bkas sayatan kok gak kunjung sembuh,.tgl 10juni2013 nanti saya harus kontrol lagi.

    [Reply]

  15. @didik : Mengenai luka bekas sayatan operasi sebaiknya ditanyakan langsung ke dokternya.
    Memang luka bekas operasi saya bisa sembuh kering setelah 1 bulan. Hanya saja ada luka di ujung bawah bekas operasi yang agak lama sembuhnya. Luka tersebut disebabkan oleh decubitus, akhirnya bisa mengering sembuh setelah 3 bulan setelah operasi.
    Sabar saja mas…

    [Reply]

  16. Pingback: Pasca Operasi (2)… | Blog Pekebun

  17. Pak Lufki, sama persis dgn yg saya alami, setelah merasakan sakit dan nyeri sepanjang hari selama beberapa tahun. Terapi, pengobatan alternatif, etc… semuanya sudah dan finally keputusannya harus operasi, akhir thn 2011.
    2 minggu pasca operasi, saya sudah bisa masuk ktr. Alhamdulillah saya bisa beraktifitas dgn lebih nyaman sekarang. Hanya tetap tidak boelh terlalu capek dan maksimal beban yg boleh dibawa 5 kg only.
    Buat teman2 yg mengalami hal yg sama, tetap semangat dan berusaha terus untuk sembuh. Dokter tidak akan menyarankan operasi kalau mmg masih bisa diterapi.

    [Reply]

  18. Pak Lufki,salam HNP…5 thn yang lalu pinggang terasa sakit kalau habis lari kira kira 1 Km…sekarang untuk jalan lebih dari 50 m ,saya harus beristirahat dulu kira-kira 30 menit baru bisa jalan lagi,2 minggu yang lalu saya periksa ke spesial saraf,disuruh MRI,hasilnya positip kena di L4-L5,di rujuk ke fisioterapi, tapi waktu di ruang fisioterapi kaki di gerakkan ke segala arah ngak ada yang sakit,Dr.fisioterapi jadi binggung, mau di terapi apanya? malah dirujuk ke bedah saraf.sementara aku pulang ngak ke bedah saraf.coba browsing barangkali ada yang ngalami kayak aku…ternyata banyak juga penderita HNP.salah satunya Pak Budiman Hakim yang di artikel ( http://kesehatan.kompasiana.com/alternatif/2012/12/11/hnp-bisa-disembuhkan-tanpa-operasi–515857.html )barang kali ada penderita HNP yang pingin coba? katanya dengan Akupuntur HNP bisa sembuh tanpa operasi.saya tunggu testimoninya

    [Reply]

  19. @shinta : Terima kasih berbagi pengalaman.
    @Anto : Kebanyakan yang terkena masalah memang di L4-L5, L5-S1 karena tempat tumpuan terbesar tubuh kita. HNP apakah bisa disembuhkan dengan akupuntur kemungkinan bisa saja. Tentu saja tergantung dari derajat tingkat keparahan sakitnya dan ridho Allah SWT untuk memberikan kesembuhan.
    Saya memang pernah melakukan akupuntur sampai 7 kali pada tahun 2011, tetapi belum diberikan rejeki kesembuhan. Setelah operasi HNP saya kembali ke akupuntur, ternyata bisa membantu menghilangkan rasa nyeri dan spasme otot 2 bulan pasca operasi.

    [Reply]

  20. Makasih sharenya ,sy penderita HNP l5/s1 setelah MRI disarankan utk operasi padahal sy merasa sakit nyeri yg sy rasakan tdk terlalu sakit sekali . Sy msh bisa beqaktifitas normal walau lebih slow ,saat ini sy minum obat dokter disertai obat herbal dan terapi renang . Yg sy ingio tanyakan kira2 perlukah sy operasi ? Sy merasakan HNP ini sdh sekitar 3 bln . Trim utk sharing n jawabannya .

    [Reply]

  21. saya juga pernah operasi fraktur servikal,di leher saya juga dipasang titanium pak,kalo difoto kurang lebih seperti foto yg bapak pasang itu ya mungkin,ada 2 lempeng dan 8 sekrup juga.

    [Reply]

  22. Assalamualaikum wr wb pak Luki
    Saya juga penderita HNP di L4L5 L5S1 seperti bapak. Walau baru saya rasakan 2minggu sakitnya saya memberanikan diri mengajak orang tua saya untuk mengecekkan kesehatan saya ke rumah sakit ke dokter sp.ot (umur saya 19thn). 1minggu setelah pengecekan hanya dikasih obat, tetapi nyeri pada kedua kaki dan pinggang masih sakit mengganggu aktivitas saya akhirnya saya kontrol kembali ke dokter yang sama dan saya disarankan untuk melakukan RMI, keesokan harinya hasil keluar dan dokter membacakan hasilnya
    Sangat terkejut saya beserta mama karena dokter langsung menyarankan untuk operasi karena posisi saraf yang sudah terjepit di L4L5 L5S1 sehingga dapat membahayakan dimasa depan diantaranya bisa lumpuh. Setelah 3 minggu merasakan sakitnya HNP diminggu ke 4 saya kembali kontrol dan meminta jadwal operasi kepada dokter. Tepat tanggal 8 juni 2014 saya sudah dirawat dan tgl 9 juni 2014 pukul 11 pagi mulai operasi dan saya baru tersadar pukul 18.30.Saya menjalankan operasi yang sama dengan bapak, saya diberikan pen diposisi yang sama serta dr bahan titanium juga. Tanggal. 14 juni 2014 saya sudah diizinkan pulang dan harus kontrol kembali minggu depan. Kalau sekarang hampir 1 minggu pasca operasi memang masih terasa sakit dipinggang dan kaki kiri, dan untuk bekas operasi sudah tidak nyeri namun masih diperban. Saya berharap semoga dalam waktu cepat hasil dari operasi ini dapat saya rasakan dengan hasil yang memuaskan. Amin
    Untuk sekedar info mama bilang biaya operasinya dengan kamar rumah sakit vip. Dr tgl 8-14 (7hari)di rumah sakit eka hospital pekanbaru krg lbh 73juta. Terima kasihm mohon maaf kalau ada kesalahan dalam menjelaskan. :)

    [Reply]

  23. Saya baru menjalani operasi pemasangan pen pada L4/L5 tanggal 5 Mei 2014.
    Pls info , kapan saya bisa mulai berolah raga?
    Berapa lama harus memakai Lumbar support?

    2hal ini lupa saya tanyakan ke dokter , sementara jadwal check up, nanti di bulan Juli.

    Makasih infonya

    [Reply]

  24. Saya juga baru operasi tulang belakang dgn 6 pen. Saya operasi januari kmrn di RSPN. Tp rasa nyeri selalu ada. Bapak msh merasakan sakitsakit ketika duduk atau jalan terlalu lama??

    [Reply]

  25. Makasih sharenya pak, saya jaga terkena serangan sakit pinggang seperti bapak,pekerjaan sy banyak duduk didepan komputer, kalau bediri terasa nyeri sekali, untuk berjalan lagi harus saya tegakan dula punggung sy. Kemarinperiksa MRI, dgn hasil ada penyempitan di L-4, L-5. dokter menyarankan utk dioperasi. tapi sy merasa takut apakah setelah operasi nanti ada efek negatif lain. padahal sy hobi bulu tangkis. berapa bulan masa penyembuhanya pak? Jazakallah

    [Reply]

  26. sy juga dioprasi pada leher karena jari-jari tangan saya terasa tebal, panas dan tersa nyeri sekali.Namun setelah dioprasi rasa nyeri tsb hingga 4 bln ini masih terasa kata dokter hingga 6 bulan. mudah-mudahan saja. kata Dr sudah terlalu lama HNP cervical saya kl 20 tahun.mungkin ada inf obat apa yang terbaik hingga segera bisa sembuh.

    [Reply]

  27. Maaf ya lama gak buka blog jadi terlambat balas komennya.
    Beberapa pertanyaan lewat sms ke 081357808989 sudah saya jawab dengan jelas kan. Semoga sedikit info dari saya tentang pengalaman berHNP bisa membantu…

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv Enabled